"Menegakkan Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan sebagai Budaya Kerja Kementerian Agama"

Senin, 11 Februari 2013

Pembinaan dan Pengajian Bulanan Pembantu PPN dan PAH (11 Pebruari 2013)

Pembinaan dan Pengajian Bulanan Pembantu PPN dan PAH pada tanggal 11 Pebruari 2013 ini berbeda dengan biasanya, pada kali ini selain dihadiri oleh seluruh Pembantu PPN dan PAH se-Kec. Wansalam dihadiri pula oleh para Kades dan Sekdes se-Kec. Wanasalam. Hal tersebut dikarenakan sengaja diundang untuk solialisasi Itsbat nikah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak mempunyai Buku Kutipan Akta Nikah.
Pengajian diawali dengan Pengajian Kitab Fathul Muin yang membahasa tentang ijab kabul dan syarat sah Pengantin wanita yang harus dipenuhi sebelum akad nikah, diantaranya wanita tersebut harus bukan terkat nasab yang dekat seperti ibu, saudara, anak, cucu, nenek, dan bibi juga tidak terkait dengan iddah.
Dalam pembinaannya Kepala KUA menyampaikan harapan kepada seluruh Kades, Sekdes dan Pembantu PPN agar dalam melengkapi persyaratan Nikah dari model N1, N2, N3, N4, KTP, KK, Akta Kelahiran dan Ijazah dilengkapi secara keseluruhan agar di kemudian hari tidak ada kesalahan yang justru merugikan mereka dan pula dilarang ada pemalsuan data yang ada. Kemudian berkaitan dengan Itsbat Nikah diharapkan kepada Pembantu PPN, Sekdes dan Kades terutama PAH untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa untuk memperoleh legalitas formal pernikahan di KUA berupa Kutipan Akta Nikah bagi yang telah menikah dan belum mempunyai Buku Nikah tersebut haruslah melalui Itsbat Nikah dulu di Pengadilan Agama. Namun dengan adanya Sidang Keliling diharapkan masyarakat khususnya di Kecamatan Wanasalam bisa mengikutinya secara masal agar tidak memberatkan mereka datang ke PA di Rangkasbitung, cukup di KUA terdekat yang menyelenggarakan Sidang Keliling yang berkerja sama dengan Pengadilkan Agama
 
 
 
 
 
 
 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

cobi kua gn.kencana kasih tips cara buat bloger

KUA WANASALAM mengatakan...

Untuk KUA Gunungkencana, silahkan datang ke KUA Wanasalam !